Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kenali Penyebab Anak Tidak Bisa Diam atau Hiperaktif

Kenali Penyebab Anak Tidak Bisa Diam atau Hiperaktif

Penyebab anak tidak bisa diam tentunya berbeda-beda. Setiap anak juga memiliki fase perkembangan yang berbeda-beda di setiap usianya. Namun jangan salah sangka, apabila anak yang terlalu aktif itu termasuk hiperaktif. Banyak orang tua mengira bahwa anaknya termasuk dalam kategori hiperaktif. Padahal mungkin saja hanya bersikap aktif.

Inilah Beberapa Penyebab Anak Tidak Bisa Diam

Hiperaktif merupakan kondisi aktif yang tidak biasa atau tidak normal. Memang sering kali sulit untuk mengatasi anak yang terbilang hiperaktif. Namun, ibu tidak perlu khawatir dan memarahinya.

Apabila perilaku hiperaktif anak terjadi secara teratur, perlu segera mencari penyebabnya. Untuk itu diketahui beberapa penyebab hiperaktif anak berikut ini.

1. Kemungkinan ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) merupakan gangguan yang terjadi pada kinerja otak anak. Sehingga menjadikan anak hiperaktif dan tidak bisa diam. ADHD termasuk dalam gangguan perilaku hiperaktif dan pemusatan perhatiannya. Tentunya seringkali sulit mengenalinya apabila anak-anak berusia kurang dari 3 tahun. 

Perlunya menyadari bahwa anak dengan ADHD memiliki tanda yang dapat dipahami setiap orangtua. Keluarga sebaiknya memberikan stimulasi secara tepat untuk perkembangannya.

2. Adiktif Terhadap Makanan

Sebagian anak-anak dengan ADHD kemungkinan sensitif, dengan beberapa zat aditif yang terkandung dalam makanan. Hal itu kemungkinan penyebab anak tidak bisa diam. Sebaiknya mencoba untuk melakukan diet eliminasi. Mengurangi sumber aditif buatan, seperti halnya permen, minuman buah, soda, sereal, dan junk food.

3. Pengaruh Penyakit Fisik

Berbeda dengan penyakit fisik lainnya yang membuat anak tampak lesu dan tidak bersemangat. Hipertiroidisme dan kelainan telinga bagian dalam dapat menyebabkan gejala hiperaktif pada anak. 

Hipertiroidisme merupakan kondisi saat kelenjar tiroid menghasilkan banyaknya hormon tiroksin. Meskipun jarang terjadi pada anak, namun hipertiroidisme menyebabkan anak mama seolah hiperaktif. Selain itu, apabila anak memiliki kelainan pada telinga bagian dalam. Hal itu juga akan menyebabkan akan anak semakin aktif.

4. Memiliki Kecerdasan Kinestetik Tinggi

Kecerdasan kinestetik merupakan kemampuan anak menggunakan ketangkasan tubuhnya. Untuk mengekspresikan adanya ide dan perasaannya. Bahkan dapat menggunakan kecerdasaannya melalui keterampilan tangannya. Sehingga dapat mengubah atau menciptakan sesuatu. 

Anak juga akan menggerakkan kaki, melompat-lompat, dan mengetukkan jemari. Kemungkinan itulah penyebab anak tidak bisa diam.  Anak yang mempunyai kecerdasan kinestetik harus menyalurkan energi gerak dengan lebih tinggi. Apabila dibandingkan dengan anak lainnya.

5. Rumah Terlalu Bising

Terkadang kondisi terlalu bising dan aktivitas rumah dapat menjadikan anak sulit untuk rileks. Seperti halnya terlalu banyak konflik keluarga, sehingga membuat anak mengalami stres. Apabila ini salah satu penyebabnya, sebaiknya orang tua menciptakan suasana setenang mungkin.

Lihat juga : Inilah 5 Tips Agar Anak Nyaman dan Betah di Rumah

Terkadang seorang anak yang tidak bisa diam membutuhkan suatu ketenangan. Selain itu juga perlu untuk dekat dengan ibu atau ayah. Lakukan beberapa hal untuk membantu menenangkan keadaan. 

Penyebab anak tidak bisa diam kemungkinan karena berbagai hal. Sebaiknya perlu segera mengetahui penyebabnya, untuk dapat mengatasinya.