Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Aplikasi Absensi Siswa SD yang Bisa Digunakan Setiap Tahun Ajaran

Guru mencatat kehadiran siswa di aplikasi.

Salah satu tugas guru dalam proses belajar mengajar di sekolah adalah mencatat kehadiran siswa setiap hari. Untuk memudahkan guru untuk mencatat kehadiran siswa dapat menggunakan aplikasi absensi siswa SD. Aplikasi dengan menggunakan Excel ini yang juga dilengkapi grafiknya. Dengan aplikasi absensi siswa SD ini, guru bisa mudah mencatat kehadiran siswa.

Aplikasi absensi siswa excel untuk SD ini gratis tapi paling mudah dioperasikan. Aplikasi absensi siswa SD juga dilengkapi dengan rekapitulasi, persentase kehadiran serta grafik setiap bulannya. Selengkapnya aplikasi absensi siswa SD dengan microsoft excel yang disertai grafik ketidakhadiran siswa dapat didownload di tautan ini:

APLIKASI ABSENSI & GRAFIK UNTUK SD

Agar proses belajar mengajar kehadiran siswa sangat penting. Tingkat kehadiran dan ketidakhadiran siswa dapat digunakan untuk pengambilan kebijakan, baik pada tingkat kelas maupun sekolah. Selain menjadi salah satu bahan acuan penilaian, presensi siswa juga dapat digunakan untuk kepentingan pemberian bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan.

Sebagai salah satu administrasi kelas yang wajib dimiliki guru SD, buku absensi siswa memiliki banyak manfaat. Yaitu,  untuk menunjang proses pembelajaran sehingga lancar dan teratur. Buku absensi siswa SD juga untuk mengetahui frekuensi kehadiran siswa di sekolah. Catatan tersebut juga untuk mengontrol tingkat kerajinan belajar siswa di sekolah.

Ketidakhadiran siswa dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Alpa, yaitu siswa tidak hadir tanpa keterangan yang jelas atau dengan alasan yang  tak dapat dipertanggungjawabkan
  2. Ijin, ketidakhadiran siswa dengan keterangan atau  alasan tertentu yang  bisa dipertanggungjawabkan yang mengetahui orang tua
  3. Sakit, ketidakhadiran siswa dengan alasan gangguan kesehatan, dapat dilengkapi dengan surat keterangan sakit dari dokter.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan anak malas masuk sekolah atau alpa. Bisa karena anak kesulitan memahami pelajaran, tidak nyaman dengan lingkungan belajar, kelelahan, atau konflik dengan teman dan guru. Selain itu, bullying juga dapat menyebabkan anak tidak mau pergi ke sekolah. Untuk itu, guru harus memberikan perhatian lebih pada anak tersebut.

Lihat juga : Permasalahan yang Sering Terjadi Pada Anak Sekolah Dasar

Pengelolaan presensi siswa pada tingkat kelas menjadi tanggung jawab guru kelas.  Oleh guru kelas SD bisa mendata secara akurat  tingkat kehadiran dan ketidakhadiran siswa di kelas, menganalisis dan menyajikannya dalam bentuk grafik. 

Dengan aplikasi absensi untuk SD yang sudah didownload di atas dapat membantu guru SD. Aplikasi dapat digunakan guru setiap tahun ajaran dan mudah dioperasikan. Jika Anda menilai aplikasi ini bermanfaat, tolong bagikan ke teman guru lainnya.