Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengajarkan Anak Beramal, Berbagi, dan Peduli Terhadap Sesama

Cara Mengajarkan Anak Beramal, Berbagi, dan Peduli Terhadap Sesama

Salah satu bentuk tanggung jawab orang tua kepada anaknya yaitu dengan mengajarkan berbagai hal yang baik untuk anaknya. Orang tua juga wajib tahu bagaimana cara mengajarkan anak beramal, peduli, dan bisa berbagi dengan sesama.

Lihat juga : Kiat Sukses Orangtua Menerapkan Cara Mendidik Anak di Era Teknologi

Jika sejak kecil sudah diajari oleh orang tuanya, seorang anak akan bisa terbiasa beramal baik sejak dini. Mengajari anak untuk beramal saleh juga sangat dianjurkan dalam agama. Maka dari itu, penting sekali seorang anak bisa mendapatkan bimbingan untuk beramal kebaikan sejak usia dini.

Inilah Cara Mengajarkan Kepada Anak Agar Beramal Saleh dan Peduli Sesama

Setiap anak terlahir dengan karakter yang berbeda-beda. Ada yang mudah diajari dan ada juga yang sulit diberikan berbagai macam pelajaran.

Meskipun begitu, tugas dan kewajiban Anda sebagai orang tua yaitu mengajarkannya untuk bisa berbuat baik dan peduli dengan lingkungan sekitarnya.

Berbagai cara bisa Anda coba lakukan pada anak Anda sejak usianya masih dini untuk menumbuhkan perilaku yang baik dan bisa lebih peduli dengan sesama.

1. Mulailah Dari Hal Kecil

Cara mengajarkan anak beramal bisa Anda mulai dari hal-hal kecil. Misalnya saja di lingkup keluarga, ajarkan anak untuk bisa menghormat pada yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda.

Ajarkan juga amalan-amalan baik di rumah. Baik itu tolong menolong, berkata yang jujur, sopan, dan tidak menyakiti hati orang lain. Jika dari kecil sudah terbiasa beramal baik, maka ketika dewasa nanti anak tersebut akan bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan suka beramal yang baik.

2. Berikan Contoh yang Baik

Orang tua adalah sekolah pertama untuk anaknya. Disini, orang tua harus bisa memberikan contoh yang baik untuk anak-anaknya. Jika perilaku orang tua baik kesehariannya, maka sang anak pastinya akan meniru perbuatan baik yang dilakukan oleh orang tuanya.

Maka dari itu, penting sekali orang tua memberikan contoh kepada sang anak untuk melakukan amalan yang baik. Ajarkan juga agar bisa peduli terhadap sesama manusia. Lama kelamaan anak Anda akan terbiasa beramal yang baik karena sudah menjadi kebiasaan sejak kecil.

3. Ajarkan Anak Berbagi

Agar anak bisa peduli dan mau berbagi terhadap sesama, maka sejak kecil ajarkan anak untuk berbagi. Ini menjadi cara terbaik untuk mengajarkan anak beramal baik terhadap sesama.

Ajak anak anda untuk berbagi makanan kepada orang lain atau teman bermainnya. Ajarkan juga berbagi mainan dengan teman sebayanya. Jika anak suka berbagi, nantinya kepedulian anak terhadap orang lain akan meningkat.

4. Ajarkan Anak Agar Peduli pada Lingkungan Sekitarnya

Beramal baik tidak hanya dilakukan kepada sesama manusia saja, namun juga harus peduli dengan lingkungan tempat dimana kita tinggal.

Agar rasa kepedulian anak terhadap lingkungan bisa lebih tinggi, ajarkan anak untuk peduli dengan lingkungannya. Ajak anak untuk membersihkan lingkungan yang kotor dan membuang sampah di tempatnya.

Hal kecil seperti ini akan berdampak baik untuk perilaku anak. Selain bisa peduli dengan lingkungan, anak juga bisa lebih peka dan peduli dengan sesama manusia.

5. Ajarkan Ramah Pada Orang Lain

Biasakan anak untuk tegur sapa kepada orang lain. Karena ini merupakan amalan baik yang juga diajarkan oleh agama. Jika sejak kecil anak sudah dilatih ramah pada orang lain, sampai dewasa pun anak akan terbiasa ramah, baik, dan sopan pada orang lain.

Cara mengajarkan anak beramal memang perlu Anda lakukan sejak dini. Orang tua memiliki peran yang penting untuk membuat anak Anda menjadi pribadi yang baik.