Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Ide Proyek Kreatif yang Bisa Guru Lakukan Bersama Siswa Kelas 6

5 Ide Proyek Kreatif yang Bisa Guru Lakukan Bersama Siswa Kelas 6

Ide proyek kreatif sangat beragam. Hal yang pasti, ide tersebut bisa menghidupkan suasana belajar di sekolah. Tak sedikit siswa kelas 6 yang kehilangan fokus karena metode pembelajaran yang membosankan. Oleh karena itu, dibutuhkan gebrakan baru dalam mengajar.

Anda sebagai tenaga didik yang peduli dengan perkembangan belajar siswa, tentu harus memahami keinginan dan kebutuhannya. Pastikan materi yang Anda sampaikan bisa diterima dengan baik oleh siswa kelas 6. Dengan begitu, siswa kelas 6 bisa meningkatkan nilai hasil belajarnya.

Ragam Ide Proyek Kreatif

Ada banyak inspirasi proyek kreatif yang bisa dilakukan guru dengan siswa kelas 6. Hal ini juga bisa membangun hubungan yang baik bersama anak didik. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Role Playing

Salah satu ide tersebut yaitu role playing atau bermain peran. Anda bisa memerankan karakter dengan situasi tertentu untuk mempelajari suatu mata pelajaran, misalnya sains, sejarah, dan lain sebagainya. Secara tak langsung hal ini bisa meningkatkan daya kreativitas dan imajinasi anak didik. Upaya yang Anda lakukan ini juga bisa membantu siswa dalam memperbaiki nilai akademiknya.

2. Media Pembelajaran Interaktif

Ide proyek kreatif lain yang bisa Anda lakukan bersama anak didik kelas 6 yaitu membuat media pembelajaran interaktif. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk menampilkan animasi, video, gambar, maupun teks. Adapun teknologi yang bisa digunakan meliputi laptop, komputer, hingga proyektor. Dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif, maka siswa tak akan tertinggal dan tetap mengikuti perkembangan teknologi.

3. Talking Stick

Ide proyek kreatif yang satu ini tak kalah efektif untuk Anda terapkan bersama siswa kelas 6. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu memberikan tongkat kepada siswa-siswi. Nantinya siswa akan bergilir memegang tongkat secara estafet. Pemutaran tongkat ini diiringi dengan musik. Saat musik berhenti, siswa yang terakhir kali memegang tongkat harus menjawab pertanyaan dari Anda.

Cara ini dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan berbicara siswa. Tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak siswa kelas 6 yang merasa malu apabila harus berbicara di depan umum. Dengan cara ini, maka siswa tersebut bisa mulai berani berbicara di depan banyak orang secara perlahan-lahan.

4. Melakukan Eksperimen

Tak ada salahnya Anda melakukan eksperimen bersama siswa kelas 6. Anda hanya perlu memberikan hipotesis yang nantinya akan diuji dengan eksperimen. Nantinya siswa bisa menampilkan hasilnya dalam bentuk bagan atau grafik.

Perlu untuk Anda pahami bahwa siswa kelas 6 memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Dengan begitu, siswa tentu sangat antusias untuk bereksperimen menggunakan bahan-bahan sekitar. Ide proyek kreatif yang satu ini sendiri sangat sesuai apabila Anda mengajarkan mata pelajaran IPA.

5. Media Pengajaran

Media pengajaran tak kalah penting untuk Anda perhatikan dalam kegiatan belajar mengajar bersama siswa kelas 6. Misalnya saja matematika. Anda bisa memanfaatkan berbagai bentuk bangun ruang untuk memudahkan pembelajaran. Selain itu, bisa juga menggunakan alat peraga seperti manekin anatomi untuk mempelajari biologi seputar sistem tubuh manusia.

Dengan memanfaatkan media pengajaran, maka siswa kelas 6 akan merasa lebih tertarik dan mudah memahami materi yang Anda sampaikan. Maka dari itu, bukan hal yang salah apabila Anda menggunakan media pengajaran atau alat peraga seperti yang dicontohkan tersebut.

Anda bisa coba beberapa ide proyek kreatif di atas saat melakukan kegiatan belajar mengajar bersama siswa kelas 6. Dengan melakukannya, maka pembelajaran tidak akan terasa membosankan. Anak didik pun akan merasa lebih antusias dalam belajar sehingga suasana terasa kondusif.