Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Sulit? Ini Dia Metode Pembelajaran yang Kreatif agar Lebih Menarik

Metode Pembelajaran yang Kreatif agar Lebih Menarik

Dalam dunia pendidikan, seorang guru harus bisa memiliki metode pembelajaran yang kreatif dan menarik. Dengan metode pembelajaran seperti ini, siswa yang diajar akan mudah memahami materi yang disampaikan guru.

Bahkan, saat guru sedang menyampaikan materi yang sulit pun, siswa akan tetap senang memperhatikan dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru.

Untuk meningkatkan pendidikan dasar siswa, maka seorang guru bisa menambahkan beberapa hal kreatif untuk proses pembelajaran. Tujuannya agar bisa memotivasi siswa supaya bisa lebih tertarik untuk belajar.

Tips Membuat Metode Pembelajaran yang Kreatif agar Siswa Tidak Bosan

Di zaman yang sudah didukung dengan perkembangan teknologi ini, seorang guru dituntut untuk kreatif. Mengapa demikian? Tahukah Anda, siswa yang belajar saat ini merupakan generasi alpha.

Generasi alpha ini merupakan generasi yang lahir di abad ke-21. Sejak lahir mereka sudah mengenal internet.

Bahkan dalam kesehariannya, mereka sudah terpapar dengan teknologi internet untuk sehari-hari, contohnya smartphone. Mereka mulai mengenal smartphone untuk alat komunikasi maupun untuk media hiburan.

Maka dari itu, seorang tenaga pendidik harus menciptakan metode pembelajaran yang kreatif untuk menarik perhatian generasi ini. Gunakan pembelajaran dengan sentuhan teknologi yang berkembang saat ini. Jadi siswa lebih senang untuk mengikuti pembelajaran Anda.

1. Terapkan Teknik Mengajar yang Bervariasi

Untuk menciptakan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan yaitu seorang guru bisa mencoba menggunakan teknik mengajar yang bervariasi.

Pada saat guru menggunakan teknik mengajar yang sama dan berulang-ulang, siswa tentunya akan mudah bosan. Siswa yang bosan tentunya akan menjadi malas dalam mendengarkan materi yang guru sampaikan.

Teknik mengajar yang bervariasi bisa membuat siswa mudah memahami materi yang disampaikan oleh pengajar. Gunakan teknik mengajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan keadaan siswa.

2. Terapkan Metode Belajar dengan Sentuhan Teknologi

Generasi milenial saat ini pastinya sudah sangat mengenal keberadaan teknologi. Nah, seorang pengajar bisa memanfaatkan teknologi ini untuk menunjang pembelajaran siswa.

Bahkan, saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk penunjang pendidikan. Anda bisa mencoba menggunakannya untuk menyampaikan materi pembelajaran siswa.

Jadi, guru masa kini harus paham dan mengerti tentang perkembangan teknologi. Sehingga, bisa menyesuaikan pengajaran dengan metode yang disukai siswa masa kini.

3. Belajar di Luar Kelas

Agar penyampaian materi bisa mudah diterima oleh siswa, maka sebaiknya Anda sesekali bisa mengajak siswa untuk belajar di luar kelas.

Tujuannya, agar siswa tidak bosan dan mampu menerima materi yang disampaikan dengan sebaik mungkin.

Akan tetapi guru harus merencanakan belajar di luar kelas dengan sebaik mungkin. Sebab, banyak hal yang perlu diperhatikan supaya proses pembelajaran bisa tetap efektif.

4. Mengajak Siswa Aktif dan Berpikir Kritis

Selain fokus pada materi pelajaran yang diberikan, seorang guru juga harus memikirkan perkembangan siswa. Sebenarnya siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dalam setiap masalah yang ada dalam materi tersebut.

Seorang guru harus bisa memberikan kesempatan kepada pada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang dibahas.

Agar proses pembelajaran bisa menjadi lebih menarik, sebaiknya guru bisa membuat belajar dengan cara diskusi. Dengan cara ini, siswa bisa menjadi lebih berpikir kritis dalam memahami suatu materi yang sedang dibahas.

5. Menyiapkan Materi dengan Format Menarik

Pada saat menyampaikan pelajaran guru sebaiknya membahas pokok materi dengan sebaik mungkin agar siswa bisa paham.

Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan poin-poin yang hendak disampaikan dalam bentuk animasi. Supaya terlihat lebih menarik, maka Anda bisa menyampaikan poin-poin menggunakan PowerPoint.

Tak hanya lebih menarik, siswa pun akan lebih semangat dalam menyimak materi yang disampaikan oleh sang guru.

Dengan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif, siswa akan mudah menerima materi yang diajarkan guru.