Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Memanfaatkan Media Pembelajaran dengan Optimal

Memanfaatkan Media Pembelajaran dengan Optimal

Memanfaatkan media pembelajaran dengan optimal menjadi salah satu hal yang biasanya dilakukan. Dengan adanya media tersebut memberikan kemudahan tersendiri untuk menyampaikan informasi dari guru kepada siswa. Bukan hanya itu saja, tetapi adanya media tersebut menjadikan pembelajaran lebih menarik. Sehingga, dapat menarik minat dan semangat para siswa.

Lihat juga : 5 Alasan Guru Harus Kreatif dalam Membuat Media Pembelajaran

Dalam proses belajar mengajar ketika pandemi terdapat banyak kendala yang dialami. Sehingga menyebabkan pembelajaran tidak bisa tercapai secara maksimal. Sedangkan tujuan pembelajaran supaya bisa tercapai dengan baik guru juga harus bisa mengatasi kendala tersebut. Salah satu upaya yang bisa guru lakukan adalah menggunakan media pembelajaran yang tepat dan sesuai.

Media pembelajaran bisa digunakan untuk menjadi alat bantu yang mempunyai manfaat melancarkan jalannya kegiatan belajar mengajar. Supaya nantinya tujuan pembelajaran juga bisa tercapai dengan baik. Seperti yang kita ketahui juga bahwa setiap mata pelajaran itu memiliki tingkat kesukaran yang berbeda-beda. Beberapa ada yang membutuhkan alat bantu tapi ada juga yang tidak mengharuskan menggunakan alat bantu.

Memanfaatkan Media Pembelajaran dengan Optimal Bagaimana Kriterianya

Dalam memanfaatkan media pembelajaran tersebut kita tentunya tidak boleh sembarangan. Terdapat beberapa kriteria yang berlaku. Supaya nantinya tujuan pembelajaran benar-benar bisa terwujud. Apakah Anda sudah mengetahui Seperti apa kriteria media pembelajaran untuk siswa tersebut?

Pertama sudah pasti media yang harus dipilih itu sesuai dengan materi pembelajaran. Kemudian medianya itu praktis, luas, dan bertahan. Alangkah lebih baiknya gunakan media yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Di samping itu, guru yang akan menjadi penggerak penggunaan media tersebut juga harus terampil ataupun harus mempunyai kemampuan.

Jangan lupa juga untuk menyediakan fasilitas pendukung lainnya. Selain itu, supaya bisa memanfaatkan media pembelajaran dengan optimal biaya juga menjadi hal penting yang harus disiapkan untuk menunjang kebutuhan tersebut.

Manfaatnya

Sebenarnya manfaat apa saja yang akan kita dapatkan ketika proses pembelajaran itu penggunaan media pembelajaran bisa benar-benar digunakan dengan optimal? Mengenai manfaat ataupun tujuannya itu sangatlah banyak. Pada intinya penggunaan media pembelajaran tersebut harus dapat meningkatkan perhatian siswa, memberi motivasi siswa.

Pemanfaatan tersebut juga harus bisa meningkatkan efektivitas pembelajaran serta Penyesuaian dengan tingkat perkembangan siswa. Dalam hal ini juga berlaku beberapa prinsip yang harus menjadi pertimbangan ketika memilih penggunaan media. Media tersebut harus bisa memotivasi siswa dalam belajar serta memahami perbedaan individu juga sesuai dengan tujuan pelajaran.

Penggunaan media tersebut juga harus menumbuhkan emosi siswa, menumbuhkan prestasi siswa, serta memberikan umpan balik juga penguatan. Pada intinya agar kita bisa memanfaatkan media pembelajaran dengan optimal itu, pastikan medianya itu dapat mewujudkan tujuan pembelajaran. Penting hukumnya memilih yang sesuai dengan materinya.