• Dipastikan Ujian CPNS Dilaksanakan 8 September 2012
    Dipastikan Ujian Kompetensi Dasar CPNS Dilaksanakan 8 September 2012
    Bagi Anda yang sudah mendaftar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun anggaran 2012 sudah bisa sedikit lega setelah kepastian tanggal pelaksanaan ujian sudah ditetapkan. Tanggal 8 September 2012 akan dilakukan pelaksanaan tes (ujian) kompetensi dasar CPNS serentak seluruh Indonesia, baik Instansi Pusat maupun Daerah.

    Seperti diberitakan sebelumnya, untuk tahun anggaran 2012 ini hanya ada 48 instansi pemerintah yang melakukan rekrutmet cpns. Diantara 48 instansi pemerintah itu, 23 instansi pemerintah pusat dan 25 pemerintah daerah (Pemda). Pelaksanaan ujian seleksi penerimaan CPNS 2012 tersebut rencananya akan dilaksanakan serentak di sekitar 90 titik.

    Kepastiaan bahwa pelaksanaan ujian kompetensi dasar CPNS akan serentak dilaksanakan sesuai jadwal semula yaitu 8 September 2012 didasarkan pada surat yang diterbitkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Ketua Tim Pelaksana Pengadaan CPNS Nasional. Surat Bernomor: K26-30/V250-1/50 tertanggal 30 Agustus 2012 tentang Waktu pelaksanaan ujian kompetensi dasar CPNS bagi jabatan yang dikecualikan selama penundaan sementara (moratorium) penerimaan CPNS 2012. Surat tersebut ditujukan kepada para Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Daerah.

    Ujian CPNS secara serentak akan dilaksanakan pada Sabtu, 8 September 2012 selama 2,5 jam. Sedangkan rincian pembagian waktu perwilayah Indonesia seperti dikutip dari bkn.go.id adalah sebagai berikut: Wilayah Waktu Indonesia Bagian Barat mulai pukul 08.00 s.d. 10.30 (WIB), Waktu Indonesia Bagian Tengah mulai pukul 09.00 s.d. 11.30 (WITA) dan Waktu Indonesia Bagian Timur mulai pukul 10.00 s.d. 12.30 (WIT).

    Surat dari Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga mengamanatkan kepada Panitia Pengadaan Instansi untuk segera menyerahkan formulir Lembar Jawaban Komputer (LJK) disertai dengan berita acaranya kepada Sekretariat Panitia CPNS Nasional/Tim Pengolah Hasil Ujian di Kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta.

    Tulisan ini dibuat tanggal 31 Sepetember 2012, jadi masih ada waktu 8 hari untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian seleksi CPNS. Untuk yang ingin membaca Surat Kepala BKN ke Sekretariat Pengadaan Daerah, bisa diunduh di sini. Semoga sukses.

    more
  • Download Standar Isi Kurikulm KTSP SD
    Download Standar Isi Kurikulm KTSP SD
    Seharusnya ini sudah diketahui bapa ibu guru, tentang standar isi yang mungkin sudah pada punya. Karena standar isi yang menjadi pedoman atau kurikulum untuk satuan pendidikan ini sudah terbit sejak 2006. Tetapi SekolahDasar.Net mencoba untuk membagikannya kembali, sebelum nanti kurikulum yang telah tersebut telah selesai dievaluasi dan bersiap menerbitkan kurikulum baru sekitar tahun 2013.

    Standar isi dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan terlampir dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

    Standar Isi mencakup lingkup materi minimal dan tingkat kompetensi minimal untuk mencapai kompetensi lulusan minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu, semisal sekolah dasar (SD). Standar isi tersebut memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan kalender pendidikan. Untuk mendapatkan file standar isi dari BSNP, klik tauatan di bawah ini:


    Dalam standar isi sebagai kerangka kurikulum yang ditetapkan mulai 2006 adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Yang intinya dalam kurikulum KTSP tersebut memberikan ruang bagi guru untuk merancang kegiatan pendidikan yang sesuai dengan karakter anak dan lingkungan. Tetapi tetap pada standar yang sudah ditentukan, yang terjabarkan dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran di SD. Berikut tautan untuk mendowload Standar Kompetensi (SDK) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk tingkat SD/MI dan SDLB


    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta didik dijabarkan lagi menjadi program tahunan, program semester, silabus dan RPP. Dalam folder di atas terdiri dari SK dan KD untuk masing-masing pelajaran dan kelas di SD, yaitu:
    1. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama SD
    2. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar PKn SD
    3. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia SD
    4. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris SD
    5. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika SD
    6. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPA SD
    7. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS SD
    8. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SBK SD
    9. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Penjas SD

    more
  • Download Kumpulan Soal IPS Kelas 5 Semester 1 Untuk mengevaluasi hasil belajar IPS salah satunya menggunakan soal tes yang biasa dikenal dengan soal ulangan harian atau soal formatif. Fungsi dari evaluasi formatif adalah untuk memperbaiki proses belajar-mengajar. IPS atau ilmu pengetahuan sosial Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Soal formatif biasanya diberikan setiap selesai materi pokok. Untuk mata pelajaran IPS di kelas 5 semester 1 SD terdiri dari 1 standar kompetensi dan 5 kompetensi dasar. Berikut adalah standar kompetensi dan kompetensi dasar IPS kelas 5 semester 1:

    Standar Kompetensi IPS Kelas V, Semester 1
    1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa
    Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia

    Kompetensi Dasar IPS Kelas V, Semester 1
    1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
    1.2 Menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
    1.3 Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
    1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
    1.5 Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia

    Dalam evaluasi formatif dengan memberikan soal-soal untuk siswa, ada banyak manfaat yang bagi siswa, guru dan program sekolah. Berikut kumpulan soal IPS kelas 5 semester satu yang bisa didonwload (diunduh). Klik tautan dibawah ini untuk mendownload kumpulan soal-soal ulangan harian IPS kelas 5 semester 1


    Dalam file kumpulan soal IPS kelas 5 semester 1 tersebut berisi soal-soal ulangan harian untuk materi pokok IPS kelas 5 semester 1, yaitu:
    1. Kerajaaan Hindu, Budha Dan Islam Di Indonesia
    2. Tokoh-Tokoh Sejarah Pada Masa Hindu, Budha Dan Islam Di Indonesia
    3. Keanekaragaman Kenampakan Alam Dan Buatan Di Indonesia Serta Pembagian Waktu
    4. Menghargai Suku Dan Bangsa Dan Budaya Di Indonesia
    5. Kegiatan Ekonomi

    more
  • Syarat dan Cara Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan merupakan salah satu paket sertifikasi guru selain portofolio dan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Sebab, kedua jalur sertifikasi tersebut akan berakhir tahun 2015. Untuk menjadi mahasiswa (peserta) PPG dalam jabatan harus direkomendasikan oleh kepala sekolah masing-masing dan diverifikasi dinas pendidikan kabupaten/kota yang bersangkutan. Berikut syarat dan cara pendaftaran (mekanisme) PPG:

    PESYARATAN PESERTA PPG
    1. Memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi, kecuali Program Studi PGSD dan PGPAUD.
    2. Mengajar di satuan pendidikan di bawah binaan Kementerian Pendidikan Nasional.
    3. Guru PNS yang mengajar pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) atau guru yang dipekerjakan (DPK) pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.
    4. Guru bukan PNS yang berstatus guru tetap yayasan (GTY) atau guru yang mengajar pada satuan pendidikan negeri yang memiliki Surat Keputusan dari Pemda.
    5. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
    6. Memiliki masa kerja sebagai guru minimal 5 tahun.
    7. Bersedia mengikuti pendidikan sesuai dengan peraturan yang ada dan mendapatkan ijin belajar dari Kepala sekolah dan Pemda.
    8. Memiliki surat keterangan berbadan sehat dari dokter.
    9. Memiliki surat keterangan bebas napza (narkotika, psikotropika, dan zat aditif lainnya) dari instansi yang berwenang.

    Syarat dan Cara Pendaftaran PPG Dalam Jabatan


    SISTEM REKRUITMEN PESERTA PPG
    Seleksi administrasi oleh Dinas Pendidikan.
    Calon peserta PPG mendaftar ke Diknas Pendidikan kabopaten/kota dengan menyerahkan dokumen sebagai berikut:
    1. Formulir pendaftaran peserta PPG (Format P1).
    2. Foto kopi ijazah S-1/D-IV yang sudah dilegalisasi oleh perguruan tinggi asal atau Kopertis untuk lulusan PTS yang sudah tidak beroperasi.
    3. Foto kopi SK pengangkatan sebagai PNS bagi guru PNS, SK GTY atau SK dari Pemda bagi guru bukan PNS.
    4. Foto kopi SK pengangkatan sebagai guru bukan PNS (guru tetap pada satuan pendidikan tempat yang bersangkutan mengajar) dari KS dan/atau yayasan.
    5. Surat pernyataan kesediaan mengikuti pendidikan dan meninggalkan tugas mengajar yang ditandatangani oleh yang bersangkutan dan KS
    6. Surat persetujuan/ijin dari KS dan diketahui Disdik.
    7. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter.
    8. Surat keterangan bebas napza dari instansi yang berwenang.

    Seleksi akademik oleh Perguruan Tinggi Penyelenggara/LPTK
    1. LPTK melakukan verifikasi dokumen yang dikirim oleh dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota.
    2. LPTK melakukan seleksi akademik menggunakan tes dan non tes:
    • Tes penguasaan bidang studi (sesuai dengan program PPG yang akan diikuti).
    • Tes kemampuan bahasa Inggris.
    • Tes potensi akademik.
    • Penelusuran minat dan bakat melalui wawancara dan observasi kinerja.
    3. LPTK menetapkan hasil seleksi sesuai dengan kuota dan melaporkan ke Dit Diktendik Ditjen Dikti dan BPSDMP & PMP.

    Syarat dan Cara Pendaftaran PPG Dalam Jabatan


    Pendidikan Profesi Guru  (PPG) ini diselesaikan dalam waktu 2 semester dengan biaya sekitar Rp 12.000.000. Kurikulum PPG berisi program workshop pengemasan materi bidang studi untuk pembelajaran yang mendidik (Subject Specific Pedagogy) dan disertai pemantapan kompetensi akademik kependidikan dan kompetensi akademik bidang studi, serta PPL kependidikan. Proporsi beban belajar (SKS) untuk workshop SSP: PPL = 60 : 40

    more
  • Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara PPG
    Bagi calon guru SD yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi (PT) dengan mengambil program studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) harus mengikuti pendidikan profesi guru (PPG). PPG merupakan cara bagi seluruh sarjana di Indonesia untuk menjadi guru. Dalam pendidikan ini, termasuk para calon guru SD akan ditempa selama kurang lebih satu tahun. PPG dilaksanakan di perguruan tinggi yang telah ditunjuk oleh Kemendikbud atau lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK).

    PPG yang merupakan rintisan yang diklaim bisa menjamin kompetensi guru ke depannya. Perekrutan peserta PPG disusun dengan khusus. Setelah para kandidat dinyatakan lolos prasyarat akademik, mereka ditempatkan di asrama untuk mengasah kompetensi sosial dan kepribadiannya. Seperti yang dikatakan Mendikbud, M. Nuh, "Setiap sarjana itu boleh menjadi guru, tapi dia harus mengikuti PPG yang lebih mengedepankan aspek pedagogik, aspek sosial dan kepribadiannya".

    Bagi mahasiswa yang lulus PPG akan langsung menerima sertifikat professional. Kemendikbud juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa (peserta) sampai mereka mendapatkan sertifikasi. Nantinya seorang yg bergelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) belum boleh mengajar kalau belum lulus PPG.

    "Kita juga berikan beasiswa sampai mereka mendapatkan sertifikasi. Sehingga saat lulus nanti bukan hanya bergelar Sarjana Pendidikan (SPd), tapi benar-benar sudah jadi seorang guru. Karena SPd belum boleh mengajar kalau belum lulus PPG," kata M Nuh (Kompas, 27/8/2012).

    PPG tahun 2012 ini akan diikuti oleh sekitar 2.600 calon guru. Berdasarkan Kepmendiknas 126/P/2010 tanggal 25 Oktober 2010, di setiap provinsi telah ditetapkan perguruan tinggi yang berhak menyelenggarakan PPG dengan program studi yang juga telah ditetapkan. Salah satu program studi yang tersedia dalam PPG antara lain PGSD. Berikut daftar perguruan tinggi penyelenggara PPG program studi PGSD dan PAUD.

     Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara PPG PGSD
    No Provinsi
    Perguruan Tinggi
    1 DKI UNJ
    Unmuh Prof Hamka
    2 Jabar UPI
    Univ. Pakuan Bogor
    Univ. Pasundan
    3 Jateng Unes
    UNY
    UNS
    UKS Salatiga
    Unmuh Purwokerto
    Unmuh Surakarta
    4 DIY Univ. PGRI Yogya
    Univ. Sanata Dharma
    Univ. Sarjana Wiyata Taman Siswa
    5 Jatim Univ. Jember
    UM
    Unesa
    IKIP PGRI Madiun
    Unmuh Malang
    Unipa Surabaya
    6 Sumut UNM
    7 Sumbar UNP
    8 Sumsel Univ. Sriwijaya
    9 Riau Univ. Riau
    10 Jambi Univ. Jambi
    11 Lampung Univ. Lampung
    12 Bengkulu Univ. Bengkulu
    13 Sulut Univ. Negeri Manado
    14 Sultra Univ. Halueleo
    15 Sulsel Univ. Negeri Makasar
    Unmuh Makasar
    16 Gorontalo Univ. Gorontalo
    17 Sulteng Univ. Tadulako
    18 Kasel Univ. Lambung Mangkurat
    19 Kaltim Univ. Mulawarman
    20 Kalteng Univ. Palangkaraya
    21 Kalbar Univ. Tanjungpura
    22 Bali Univ. Pend. Ganesa
    23 NTB Univ. Mataram
    STKIP Hamzanwadi Selong
    24 NTT Univ. Nusa Cendana
    25 Ambon Univ. Pattimura
    26 Papua Univ. Cendrawasih
    27 NAD Univ. Syah Kuala
    Univ. Al-Muslim Bireuen

    more
  • Lomba: Mengelola Kelas dengan Baik dan Kreatif
    Guru yang profesional salah satu cirinya adalah guru yang mampu mengelola kelas dengan baik. Di kelas, segala aspek pendidikan pengajaran bertemu dan berproses. Guru dengan segala kemampuannya, siswa dengan segala latar belakang dan sifat-sifat individualnya, kurikulum dengan segala komponennya, dan materi serta sumber pelajaran dengan segala pokok bahasanya bertemu dan berpadu serta berinteraksi di kelas. Bahkan  hasil  dari pendidikan dan pengajaran sangat ditentukan oleh apa yang terjadi di  kelas. Oleh sebab itu sudah selayaknya kelas dikelola dengan profesional.

    Pada kegiatan online yang pertama, SekolahDasar.Net sebagai media para guru sekolah dasar (SD) atau MI untuk mendapat informasi dan berbagi informasi pendidikan akan menyelenggarakan kontes foto "Mengelola Kelas dengan Baik dan Kreatif". Kami mengajak Bapak Ibu guru semua untuk berpartisipasi mendokumentasikan suasana dan kondisi kelas. Bagi guru SD/MI khususnya guru kelas, hampir setiap hari bersama dengan murid dan kelas yang sama. Untuk itu menciptakan kelas yang baik dan kreatif dari segi fisik maupun kegiatan sangat penting, agar tidak jenuh dan bosan. Walau sebenarnya namanya kelas tidak terikat oleh ruang atau bangunan.

    Syarat dan Ketentuan:
    1. Peserta Kontes Foto "Mengelola Kelas dengan Baik dan Kreatif" adalah guru SD/MI, baik negeri maupun swasta.
    2. Setiap peserta harus bergabung dengan facebook page SEKOLAH DASAR dengan klik "Like" atau "Suka".
    3. Bagi peserta yang memiliki akun twitter, disarankan untuk mengikuti @sekolahdasar di twitter.
    4. Peserta disarankan untuk "like/suka" dan membagikan/share facebook note/catatan ini.
    5. Kontes foto berlangsung dari tanggal 27 Agustus sampai 30 September 2012, dan pengumuman pemenang tanggal 5 Oktober 2012.
    6. Foto yang diunggah/upload untuk diikut sertakan kontes adalah foto milik peserta sendiri, foto diusahakan yang terbaru dan tanpa proses editan.
    7. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengunggah (upload) 1 foto tentang mengelola (menata) kelas terbaiknya.
    8. 4 peserta terpilih akan mendapatkan total pulsa Rp 100.000 (2 peserta dengan foto terbaik dan kreatif, 1 peserta dengan foto paling disukai/like, dan 1 peserta yang dipilih secara acak).
    9. Foto diunggah (upload) di facebook page SEKOLAH DASAR dengan menyertakan deskripsi foto tersebut (Nama sekolah, Kelas, Alasan atau Manfaat menata kelas dengan metode tersebut).
    10. Keputusan panitia tidak bisa diganggu gugat.
    Mari Bapak Ibu guru, ikuti kontes foto ini. Berbagi pengalaman mengelola kelas dengan sesama guru yang lain dan saling belajar untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Mungkin kita bisa belajar dari keterbatasan kelas tetapi mampu mengelola kelas dengan menarik, atau mencoba menata kelas dengan berbagai perabot dan perlengkapan kelas yang rapi.

    *)  Periode lomba bisa diperpanjang bila jumlah peserta dirasa masih kurang. Bagi Anda yang berminat menjadi sponsor atau memberi donasi untuk hadiah kontes foto ini, bisa SMS ke 085655545965

    Pengumuman Kontes Foto ini juga ditulis di Catatan SEKOLAH DASAR

    more
  • Membuat Membaca Lebih Menyenangkan untuk Anak
    Menumbuh minat membaca untuk anak-anak usia awal terkadang tidaklah mudah. Membaca sebagai salah satu kegiatan berbahasa perlu ditanamkan anak sejak dini. Menumbuhkan minat baca kepada anak tidak hanya dengan memberikannya bertumpuk-tumpuk buku kepadanya. Tetapi diperlukan kiat-kiat agar anak bisa terdorong keinginannya untuk membaca.

    Membuat suasana membaca yang menyenangkan, anak akan senang menjalani aktivitas ini. Membaca dengan suara keras dapat menimbulkan kegembiraan, bukan hanya bagi guru atau orangtua, tetapi seluruh anggota keluarga. Ini beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk mengajarkan membaca bagi anak:

    1. Bacalah dengan sedikit "drama" dan penuh keceriaan. Gunakan suara yang berbeda untuk karakter yang berbeda dari sebuah cerita. Gunakan nama anak sebagai nama salah satu karakter. Buatlah seolah-olah seperti boneka tangan dan gunakan mereka untuk memperagakan cerita-cerita yang kita bacakan.

    2. Bacalah berulang-ulang cerita yang disukai anak sebanyak yang mereka inginkan. Pilih buku dari pengarang yang memang ceritanya bisa dinikmati oleh anak.

    3. Baca cerita dengan mengulang bagian-bagian tertentu dan merangsang anak untuk turut bergabung dalam cerita tersebut.

    4. Tunjukkan pada mereka kata-kata atau bagian yang tengah kita baca. Cara ini akan membantu anak terhubung dengan kata-kata yang mereka dengar dengan apa yang kita katakan dan apa yang ada di dalam buku.

    5. Baca apa saja, misalnya, cerita, puisi, buku informasi, artikel di majalah dan surat kabar, serta komik.

    6. Mintalah kepada anggota keluarga atau teman-teman kita untuk memberikan buku sebagai hadiah.

    7. Ajaklah anak ke perpustakaan dan menonton CD interaktif dan internet, sesering kita mengajaknya membaca buku.

    8. Berikan anak untuk berlangganan majalah yang sesuai. Mereka pasti akan senang saat kiriman majalah tiba!

    Dengan membuat suasana yang menyenangkan, anak akan terbiasa dengan kegiatan membaca yang menyenangkan pula. Dengan rajin membaca, akan membantu anak untuk membuka pengetahuan-pengetahuan baru. Tentu juga akan semakin pintar.

    more
  • Selamat Idhul Fitri Bapak Ibu Guru SD
    Belum terlambat tentunya bagi kami pengelola SekolahDasar.Net untuk mengucapkan selamat hari raya idhul fitri 1433 H / 2012. Setelah satu bulan lamanya kita puasa tiba saatnya hari kemenangan, hari raya Idhul Fitri. Takbir menggema di seluruh pelosok, pertanda seruan kemenangan dan saatnya untuk saling bermaaf-maafan.

    Begitupun dengan kami, SekolahDasar.Net yang juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1433 H untuk semua Bapak Ibu Guru SD di seluruh Indonesia. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Salam juga untuk keluarga besar Bapak Ibu Guru.

    Jika selama ini, ada beberapa tulisan kami yang ada di SekolahDasar.Net kurang lengkap, atau sering salah ketik. Jika selama ini dalam menyebarkan informasi lewat chanel kami di Facebook SEKOLAH DASAR dan Twitter @sekolahdasar kurang memuaskan kami mohon maaf. Semoga ke depan akan terus bisa memperbaiki, sehingga cita-cita SekolahDasar.Net menjadi salah satu portal info pendidikan dasar bisa terwujud.

    Mulai hari ini, kami punya julukan untuk semua rekan pembaca, anggota komunitas SekolahDasar.Net dengan sebutan "Bapak Ibu", biar terlihat lebih akrab. Akhirnya, kami ingatkan untuk Bapak Ibu juga bisa bergabung menjadi penulis tamu di blog ini dengan mengirimkan tulisannya di http://bit.ly/KirimArtikel atau menjadi penulis tetap, dengan mengirimkan permintaan kepada kami lewat Fanpage SEKOLAH DASAR atau mention @sekolahdasar. Selamat lebaran... :)

    more
  • Inilah Penyebab Guru Dapat Nilai Nol Dalam UKG Dari hasil uji kompetensi guru UKG online yang sudah dilaksanakan ada beberapa guru yang mendapat nilai nol. Sejak awal uji kompetensi guru diselenggarakan Kemendikbud sudah mengumumkan hasil ujian tersebut. Uji kompetensi untuk pemetaaan kemampuan guru untuk perbaikan dan peningkatan profesi ini mengujikan kemampuan pedagogik dan profesional. Komposisi materi yang diujikan yaitu 30% kemampuan pedagogik dan 70% kemampuan profesional dengan jumlah soal 100 dan waktu mengerjakan 120 menit.

    Selama pelaksanaan UKG online yang berlangsung akhir 30 Juli - 11 Agustus 2012 ditemukan 2 masalah. Masalah teknis yaitu instalasi perangkat lunak di tempat uji kompetensi (TUK) tidak berhasil dan Masalah administrasi yang berupa terjadinya perbedaan perbedaan data antara server pusat dan server lokal TUK. Kedua permasalahan tersebut diduga menjadi penyebab terjadi ada beberapa guru yang mendapat nilai nol dalam UKG online.

    Nilai nol bisa benar-benar didapatkan jika peserta ujian UKG online sama sekali tidak mengerjakan atau semua jawaban tidak ada yang benar. Tetapi kita tidak yakin ada guru yang sama sekali tidak menjawab soal UKG online. Inilah beberapa kemungkinan penyebab guru mendapat nilai nol dalam uji kompetensi secara online:

    • Guru dapat nilai nol itu bisa terjadi karena guru sudah login ke sistem, soal sudah terbuka, tapi langsung keluar tidak menjawab.
    • Setelah guru login ke sistem, guru cuma membaca soal-soalnya, tetapi tidak menjawab. Sistem mengenali peserta yang sudah menyelesaikan ujian, tidak menyelesaikan ujian, atau login kemudian membuka soal, tetapi tidak menjawab.
    • Saat login soal yang muncul tidak sesuai lalu guru keluar dari sistem. Contoh, guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) yang terdaftar sebagai guru kelas. Saat login, soal yang keluar adalah soal guru kelas. Guru tersebut kemudian tidak menjawab dan keluar dari sistem.

    Bagaimana dengan guru yang mengalami kasus seperti ini? Mereka akan diberikan kesempatan mengikuti ujian ulang di UKG gelombang kedua yang dimulai pada 2 Oktober 2012 mendatang. Begitupun guru peserta UKG online yang merasa dirugikan pada pelaksanaan gelombang pertama bisa ikut pada gelombang kedua. Para guru dapat melapor di dinas pendidikan atau lembaga penjaminann mutu pendidikan (LPMP).

    UKG dilaksanakan untuk memetakan kompetensi guru. Berdasarkan peta kompetensi tiap guru itu dibuat pembinaan guru secara berkelanjutan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan guru. Bagi guru yang tidak mengikuti UKG akan sulit naik pangkat. Sebab, hasil UKG dan pembinaan guru dibutuhkan sebagai syarat untuk kenaikan pangkat.

    Sumber: Kompas.com

    more
  • Ironi Dibalik Sertifikasi Guru Apa sebenarnya yang menjadi tujuan utama pemerintah dalam melaksanakan sertifikasi guru? Pertanyaan ini akan dijawab yakni untuk membuat guru profesional, sekarang marilah kita cermati apakah benar program tersebut membuat guru menjadi profesional dalam hal pendidikan? Atau membuat guru tersebut profesional dalam hal pembohongan data dan manipulasi masa kerja?

    Pertanyaan itu akan menggelitik semua orang yang menyangsikan akan keberhasilan program ini. Ketika pemerintah menggencar-gencarkan program ini makin banyak guru-guru yang mengejar agar mendapatkan sertifikasi tersebut. Dari mulai jalan yang benar bahkan menghalalkan jalan berkelok-kelok yang sebenarnya tidak layak dijadikan jalan seorang pendidik.

    Mungkin jika ditilik lebih jauh bukan programnya yang salah, karena tidak dapat dipungkiri program ini memang sangat membantu namun mekanismenya lah yang membuat program ini kotor. Banyak dari mereka yang kulih S1 secara 'illegal' dalam artian 'membeli' gelar S1 tersebut. Sekarang diadakan UKA dan PLPG untuk menyatakan peserta tersebut lulus atau tidak, tetapi tampaknya usaha ini akan sia-sia.

    Mari kita tilik mereka yang menerima program ini jauh sebelumnya, tidak ada mekanisme yang seperti ini. Dalam hal ini, seharusnya semua pihak khususnya yang mengadakan program ini harus cermat dan pandai dalam mengadakan mekanisme program ini. Pasalnya, apakah program ini dapat dijamin kebersihannya?

    Bahkan di sebuah desa disebutkan sukwan yang hanya beberapa tahun saja mengabdi dengan kinerja yang sangat jauh dari kesan seorang pendidik mendapatan sertifikasi. Ini yang seharusnya menjadi bahan pertimbangan Dinas Pendidikan, tetapi nampaknya berita ini tidak diperhatikan secara serius. Padahal seharusnya ini menjadi bahan evaluasi sehingga dihasilkan lah tenaga pendidik yang benar-benar mempunyai kredibilitas yang mumpuni untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

    *) Ditulis oleh Via Mardiana seorang mahasiswa
    Anda juga bisa mengirimkan artikel untuk SekolahDasar.Net, di sini

    more
  • Data Nilai UKG Online Guru SD Secara Nasional
    Uji Kompetensi Guru (UKG) online sudah terlaksana, khususnya untuk guru SD yang sudah dilaksanakan 7-11 Agusutus 2012 data hasil nilai UKG online sementaranya sudah bisa dilihat. Seperti yang sudah dijadwalkan pelaksanaan UKG online untuk guru SD adalah yang paling akhir dibanding guru jenjang SMP dan SMA. Di awal pelaksanaan UKG online menemui banyak permasalahan, yaitu tidak bisa login atau tidak terkoneksinya dengan server pusat dan soal yang tidak sesuai dengan bidang yang diampu guru.

    Walaupun banyak diwarnai permasalahan dan kritikan dalam pelaksanaan UKG online yang terkesan terburu-buru ini akhirnya tetap dijalankan/diteruskan oleh Kemendikbud. Seharusnya jika sesuai jadwal UKG online sudah berakhir 11 Agustus 2012 kemarin. Tetapi karena banyak yang belum berhasil mengikuti ujian karena permasalahan teknis sehingga harus dijadwal ulang. Selain itu berita terbaru menyebutkan UKG online untuk kepala sekolah dan pengawas sekolah akan dilaksanakan Oktober 2012 mendatang.

    Dari pelaksanaan hasil ujian UKG online yang sudah dilakukan terhadap guru-guru SD nilainya sudah bisa dilihat. Nilai secara individu langsung dapat diketahui oleh guru yang mengikuti ujian pada saat submit ujian. Saat terakhir tahapan pelaksanaan ujian UKG online atau menyelesaikan ujian, software UGK online akan memberikan informasi standar kelulusan, nilai pedagogik dan nilai profesional yang diperoleh peserta ujian.

    Data nilai UKG online secara regional (provinsi) dan nasional juga sudah diumumkan. Hasil sementara dari ujian yang mengujikan kompetensi pedagogik dan profesional dengan jumlah 100 soal ini, nilai tertinggi diraih peserta ujian dari Yogyakarta dengan nilai 83,00 begitupun dengan nilai rata-ratanya 48,74. Nilai tertinggi kedua diperoleh peserta dari Jawa Timur dengan nilai 80,00. Sedangkan nilai rata-rata tertinggi kedua adalah Jawa Tengah. Untuk lebih jelasnya data hasil UKG online guru SD bisa dilihat dengan klik tautan berikut:


    Grafik-grafik di atas adalah data nilai hasil sementara UKG online 2012 yang dirilis oleh Kemendikbud di website info UKG (http://info-ukg.kemdikbud.go.id). Data nilai UKG selalu diperbarui sampai didapatkan seluruhnya hasil dari masing-masing daerah diupload ke server pusat ujian online Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK PMP).

    UKG online yang bertujuan untuk pemetaan kompetensi, pengembangan keprofesian, dan proses penilaian kinerja, memiliki standar kelulusan yaitu 70. Jika ada hasil UKG masih dibawah standar, misalnya nilainya 60, maka guru tersebut wajib mengikuti pembinaan untuk meningkatkan kompetensinya agar hasilnya di atas rata-rata. Kemendikbud akan menyusun program pembinaan bagi guru mulai tahun depan (2013). Berita terbaru menyebutkan untuk pembinaan akan dilakukan secara online.

    more
  • Mengenal Tipe Kepribadian Peserta Didik Salah satu kompetensi yang harus dikuasai guru adalah kompetensi pedagogik, dan salah satu aspek kompetensi pedagogik yaitu mengenal karakter peserta didik. Dalam tulisan ini karakteristik peserta didik yang akan dibahas lebih terkait sosial dan emosional dengan menggolongkan beberapa tipe karakter peserta didik menurut para ahli.

    Menurut Eysenck (1964) menyatakan tipe kepribadian dibagi menjadi tiga, yaitu:
    • Kepribadian Ekstrovert: dicirikan dengan sifat sosiabilitas, bersahabat, menikmati kegembiraan, aktif bicara, impulsif, menyenangkan spontan, ramah, sering ambil bagian dalam aktivitas sosial.
    • Kepribadian Introvert: dicirikan dengan sifat pemalu, suka menyendiri, mempunyai kontrol diri yang baik.
    • Kepribadian Neurosis: dicirikan dengan pencemas, pemurung, tegang, bahkan kadang-kadang disertai dengan simptom fisik seperti keringat, pucat, dan gugup.

    Menurut Mahmud (1990) menyatakan Kepribadian terbagi menjadi 12 tipe, yaitu:
    • Mudah menyesuaikan diri, baik hati, ramah, hangat VS dingin.
    • Bebas, cerdas, dapat dipercaya VS bodoh, tidak sungguh-sungguh, tidak kreatif.
    • Emosi stabil, realistis, gigih VS emosi mudah berubah, suka menghindar (evasive), neurotik.
    • Dominan, menonjolkan diri VS suka mengalah, menyerah.
    • Riang, tenang, mudah bergaul, banyak bicara VS mudah berkobar, tertekan, menyendiri, sedih.
    • Sensitif, simpatik, lembut hati VS keras hati, kaku, tidak emosional.
    • Berbudaya, estetik VS kasar, tidak berbudaya.
    • Berhati-hati, tahan menderita, bertanggung jawab VS emosional, tergantung, impulsif, tidak bertanggung jawab.
    • Petualang, bebas, baik hati VS hati-hati, pendiam, menarik diri.
    • Penuh energi, tekun, cepat, bersemangat VS pelamun, lamban, malas, mudah lelah.
    • Tenang, toleran VS tidak tenang, mudah tersinggung.
    • Ramah, dapat dipercaya VS curiga, bermusuhan.

    Menurut Hippocrates dan Galenus tipe kepribadian yang tertuang bersifat jasmaniah atau fisik. Mereka mengembangkan tipologi kepribadian berdasarkan cairan tubuh yang menentukan temperamen seseorang. Tipe kepribadian itu antara lain:
    • Tipe kepribadian choleric (empedu kuning), yang dicirikan dengan pemilikan temperamen cepat marah, mudah tersinggung, dan tidak sabar.
    • Tipe melancholic (empedu hitam), yang berkaitan dengan pemilikan temperamen pemurung, pesimis, mudah sedih dan mudah putus asa.
    • Tipe phlegmatic (lendir), yang bertemperamen yang serba lamban, pasif, malas, dan kadang apatis/ masa bodoh.
    • Tipe sanguinis (darah), yang memiliki temperamen dan sifat periang, aktif, dinamis, dan cekatan.

    Menurut Kretchmer dan Sheldon tipologi kepribadian didasarkan bentuk tubuh atau bersifat jasmaniah. Macam-macaam kepribadian ini adalah:
    • Tipe asthenicus atau ectomorpic pada orang-orang yang bertubuh tinggi kurus memiliki sifat dan kemampuan berpikir abstrak dan kritis, tetapi suka melamun dan sensitif.
    • Tipe pycknicus atau mesomorphic pada orang yang betubuh gemuk pendek, memiliki sifat periang, suka humor, popular dan mempunyai hubungan sosial luas, banyak teman, dan suka makan.
    • Tipe athleticus atau mesomorphic pada orang yang bertubuh sedang/atletis memiliki sifat senang pada pekerjaan yang membutukhkan kekuatan fisik, pemberani, agresif, dan mudah menyesuaikan diri.
    Namun demikian, dalam kenyataannya lebih banyak manusia dengan tipe campuran (dysplastic).

    Menurut Jung, tipe kepribadian dikelompokan berdasarkan kecenderungan hubungan sosial seseorang, yaitu:
    • Tipe Ekstrovert yang perhatiannya lebih banyak tertuju di luar.
    • Tipe Introvert yang perhatiannya lebih tertuju ke dalam dirinya, dan dikuasai oleh nilai-nilai subjektif.
    Tetapi, umumnya manusia mempunyai tipe campuran atau kombinasi antara ekstrovert dan introvert yang disebut ambivert.

    Pada periode anak sekolah, kepribadian peserta didik belum terbentuk sepenuhnya seperti orang dewasa. Kepribadian mereka masih dalam proses pengembangan. Wijaya (1988) menyatakan karakteristik peserta didik secara sederhana dapat dikelompokkan atas:
    1. Kelompok anak yang mudah dan menyenangkan.
    2. Anak yang biasa-biasa saja.
    3. Anak yang sulit dalam penyesuaian diri dan sosial.

    Karakteristik atau kepribadian seseorang dapat berkembang secara bertahap. Berikut ini adalah krakteristik perkembangan pada masa anak sekolah dasar (SD).

    Karakteristik perkembangan masa anak awal (2-6 tahun)
    Masa anak awal berlangsung dari usia 2-6 tahun, yaitu setelah anak meninggalkan masa bayi dan mulai mengikuti pendidikan formal di SD. Tekanan dan harapan sosial untuk mengikuti pendidikan sekolah menyebabkan perubahan perilaku, minat, dan nilai pada diri anak. Pada masa ini, anak sedang dalam proses pengembangan kepribadian yang unik dan menuntut kebebasan.

    Perilaku anak pada masa ini sulit diatur, bandel, keras kepala, dan sering membantah dan melawan orang tua. Hal ini memang sangat menyulitkan para pendidik. Tak heran, apabila para pendidik PAUD sampai SD harus lebih bersabar dalam melangsungkan pembelajaran atau mendidik peserta didiknya. Disiplin mulai bisa diterapkan pada anak sehingga anak dapat mulai belajar hidup secara tertib. Dan sikap para pedidik sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak.

    Karakteristik perkembangan masa anak akhir (6-12 tahun)
    Karakteristik atau ciri-ciri periode masa anak akhir, sama halnya dengan ciri-ciri periode masa anak awal dengan memperhatikan sebutan atau label yang digunakan pendidik. Orang tua atau pendidik menyebut masa anak akhir sebagai masa yang menyulitkan karena pada masa ini anak lebih banyak dipengaruhi oleh teman-teman sebaya daripada oleh orang tuanya.

    Kebanyakan anak pada masa ini juga kurang memperhatikan dan tidak bertanggung jawab terhadap pakaian dan benda-benda miliknya. Para pendidik memberi sebutan anak usia sekolah dasar, karena pada rentang usia ini (6-12 tahun) anak bersekolah di sekolah dasar (SD). Di sekolah dasar, anak diharapkan memperoleh dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan yang dianggap penting untuk keberhasilan melanjutkan pendidikan dan penyesuaian diri dalam kehidupannya kelak.

    Dengan mengenal tipe kepribadian dan karakter peserta didik guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kemampuan belajar yang berbeda. Jika terjadi penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah perilaku tersebut. Mengetahui tipe kepribadian peserta didik yang beragam, guru bisa mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik

    Sumber: http://onnyrudianto.wordpress.com/2011/07/24/beberapa-karakter-peserta-didik/

    more
  • Model Pembelajaran Quantum Teaching Pembelajaran quantum teaching adalah salah satu metodologi pembelajaran yang dipandang baru meskipun sebenarnya sudah ada sebelumnya. Dibandingkan dengan falsafah dan metodologi pembelajaran lainnya, seperti: Pembelajaran kooperatif, pembelajaran terpadu, pembelajaran aktif, pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning, CTL), pembelajaran berbasis projek (project based learning), pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), pembelajaran interaksi dinamis. Falsafah dan metodologi pembelajaran kuantum yang disebut terakhir tampak relatif lebih populer.

    Pembelajaran quantum teaching adalah mengubah belajar menjadi meriah dengan segala nuansanya. Dalam quantum teaching juga menyertakan segala kaitan interaksi dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar.Pembelajaran quantum teaching berfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas. Interaksi yang menjadikan landasan dan kerangka untuk belajar (De porter. B, 2004).

    Dalam pembelajaran quantum teaching interaksi yang ada mencakup unsur-unsur untuk belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa. Unsur tersebut terbagi menjadi dua kategori yaitu: konteks dan isi. Konteks adalah latar belakang pengalaman guru. Sedangkan isi adalah bagaimana guru menyajikan materi. Interaksi dari konteks dan isi dapat mengubah kemampuan dan bakat alamiah siswa. Jika dikaitkan dengan situasi belajar-mengajar di sekolah, unsur-unsur yang sama tersusun dengan baik yaitu suasana, lingkungan, landasan, rancangan, penyajian, dan fasilitas.

    Empat ciri dari kerangka konseptual tentang langkah-langkah pengajaran dalam model pembelajaran quantum teaching yaitu:
    (1) adanya kesempatan yang luas kepada seluruh para siswa untuk terlibat aktif dan partisipasi dalam pengajaran;
    (2) adanya kepuasan pada diri si anak dengan pengakuan terhadap temuan dan kemampuan yang ditunjukkan;
    (3) adanya unsur pemantapan dalam menguasai materi atau suatu keterampilan yang diajarkan; dapat dilihat dari adanya pengulangan terhadap sesuatu yang sudah dikuasainya.
    (4) adanya unsur kemampuan pada seorang guru dalam merumuskan temuan yang dihasilkan siswa, dalam bentuk konsep, teori, model dan sebagainya, (De porter. B, 2004).

    Sejarah Munculnya Model Pembelajaran Quantum Teaching
    Model pembelajaran quantum teaching muncul di Super Comp, sebuah program percepatan Quantum Learning yang ditawarkan Learning Forum, sebuah perusahaan pendidikan internasional yang menekankan perkembangan keterampilan akademis dan keterampilan pribadi (De Porter, 1992). Selama dua belas hari (menginap), siswa-siswa mulai usia 9 tahun sampai 24 tahun memperoleh kiat-kiat yang membantu mereka dalam mencatat, menghafal, membaca cepat, menulis, berkreatifitas, berkomunikasi dan membina hubungan serta kiat-kiat yang meningkatkan kemampuan mereka menguasai hal-hal dalam kehidupan. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti Super Comp mendapatkan nilai yang lebih baik, lebih banyak berpartisipasi, dan lebih bangga akan diri mereka sendiri (Vos Groenendal)

    Quantum teaching dalam pembelajaran merupakan interaksi yang terjadi di dalam kelas antara siswa dengan lingkungan belajar yang efektif. Dalam quantum teaching bersandar pada konsep ‘bawalah dunia mereka ke dunia kita, dan antarkan dunia kita ke dunia mereka’. Hal ini menunjukkan, betapa pengajaran dengan quantum teaching tidak hanya menawarkan materi yang mesti dipelajari siswa. Tetapi jauh dari itu, siswa juga diajarkan bagaimana menciptakan hubungan emosional yang baik dalam dan ketika belajar.

    Asas Utama Model Pembelajaran Quantum Teaching
    Asas utama quantum teaching adalah “bawalah dunia mereka kedunia kita dan antarkan dunia kita ke dunia mereka”. Dari asas utama ini, dapat disimpulkan bahwa langkah awal yang harus dilakukan dalam pengajaran yaitu mencoba memasuki dunia yang dialami oleh siswa. Cara yang dilakukan seorang pendidik meliputi: untuk apa mengajarkan dengan sebuah peristiwa, pikiran atau perasaan yang diperoleh dari kehidupan rumah, sosial, musik, seni, rekreasi atau akademis mereka. Setelah kaitan itu terbentuk, maka dapat membawa mereka kedalam dunia kita dan memberi mereka pemahaman mengenai isi dunia itu. “Dunia kita” dipeluas mencakup tidak hanya para siswa, tetapi juga guru. Akhirnya dengan pengertian yang lebih luas dan penguasaan lebih mendalam, siswa dapat membawa apa yang mereka pelajari ke dalam dunia mereka dan menerapkannya pada situasi baru. (De porter. B, 2004)

    Prinsip-prinsip Pembelajaran Quantun Teaching
    Quantun Teaching memiliki lima prinsip atau kebenaran tetap;
    a.) Segalanya berbicara
    b.) Segalanya dari lingkungan kelas hingga bahasa tubuh, kertas yang guru bagikan hingga rancangan pelajaran, semua mengirim pesan tentang pelajaran.
    c.) Segalanya bertujuan
    d.) Pengalaman sebelum pemberian nama
    e.) Proses belajar paling efektif terjadi ketika siswa telah mengalami informasi sebelum mereka memperoleh nama untuk apa yang mereka pelajari.
    f.) Akui setiap usaha
    g.) Setiap mengambil langkah, siswa patut mendapat pengakuan atas kecakapan dan kepercayaan diri mereka.
    h.) Jika layak dipelajari, maka layak pula dirayakan

    Sintaks Pembelajaran Quantum Teaching
    Quantum teaching mempunyai dua bagian penting yaitu dalam konteks dan isi. Sintaks pembelajaran quantum teaching adalah Tumbuhkan, Alami, Namai, Demostrasikan, Ulangi dan Rayakan (TANDUR). Adapun maksudnya adalah sebagai berikut:

    1. Menumbuhkan minat dengan memuaskan “apakah manfaatnya bagiku (pelajar)” dan memanfaatkan kehidupan pelajar;
    2. Menciptakan atau mendatangkan pengalaman umum yang dapat dimengerti oleh semua pelajar;
    3. Menamai kegiatan yang akan dilakukan selama proses belajar mengajar dengan menyediakan kata kunci, konser, model, rumus, strategi, sebuah “masukan”;
    4. Menyediakan kesempatan bagi pelajar untuk menunjukkan (mendemonstrasikan) bahwa mereka tahu;
    5. Menunjuk beberapa pelajar untuk mengulangi materi dan menegaskan “aku tahu bahwa aku memang tahu ini”;
    6. Merayakan atas keberhasilan yang sudah dilakukan oleh pelajar sebagai pengakuan untuk penyelesaian, partisipasi, dan pemerolehan keterampilan dan ilmu pengetahuan (De porter B, 2003).

    Pembelajaran quantum teaching adalah penggubahan belajar yang meriah dengan segala nuansanya. Quantum Teaching berfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas, interaksi yang mendirikan landasan dan kerangka untuk belajar. Asas utama Quantum Teaching bersandar pada konsep; Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka. Artinya bahwa pentingnya seorang guru untuk masuk ke dunia siswa sebagai langkah pertama dalam proses pembelajaran.

    Sumber:
    http://sarkomkar.blogspot.com/2009/02/model-pembelajaran-quantum-teaching.html
    http://www.sarjanaku.com/2011/04/pembelajaran-quantum-teaching-serta.html

    more
  • 75 % Guru SD Belum Sarjana dan 94 % Daerah Kekurangan Guru SD Kualifikasi pendidikan guru sekolah dasar (SD) masih belum optimal. Dari sekitar 1,46 juta guru SD, sekitar 75 persennya belum bependidikan D-4 atau sarjana. Padahal, menurut Undang-Undang Guru dan Dosen, guru minimal berpendidikan D-4 atau sarjana. Baru sekitar 25 persen guru SD yang kualifikasi pendidikannya sesuai amanat UU Guru dan Dosen.

    Salah satu kendala yang dialami guru yang belum sarjana adalah adanya larangan meninggalkan tugas mengajar selama melanjutkan kuliah. Kebutuhan untuk program studi pendidikan guru TK dan SD cukup besar. Demikian juga program pendidikan jasmani dan kesehatan.

    Penuntasan kualifikasi pendidikan guru tidak bisa hanya dengan kuliah reguler di lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK). Kuliah di Universitas Terbuka (UT) yang fleksibel juga tidak cukup karena program studi yang terbatas.

    Banyak persoalan terkait pendidikan sekolah dasar. Bukan hanya 75 persen guru SD yang belum berkualifikasi pendidikan S-1, jumlah guru SD pun juga kurang, terlebih jika dikaitkan dengan jumlah kelas yang ada.

    Persoalan yang memprihatinkan adalah, kekurangan guru SD. Berdasarkan laporan Ketua PGRI kabupaten/kota se-Indonesia pada saat Rapat Koordinasi Pimpinan Nasional PGRI di Makasar beberapa waktu lalu, menyatakan sekitar 94 persen Kabupaten/Kota di Indonesia kekurangan guru SD.

    Persoalan kekurangan guru SD itu semakin parah karena pemerintah belum mengatur waktu pengangkatan guru SD dengan jelas. Sementara di lain sisi, guru SD yang masuk waktu pensiun semakin banyak. Bahkan, beberapa provinsi menyatakan guru SD banyak yang mengajukan pensiun dini.

    Saat ini, banyak SD dengan enam kelas yang hanya memiliki tiga orang guru. Secara standar, hal itu jelas tidak memenuhi syarat minimal dan berpengaruh pada proses pembelajaran di sekolah. Kekurangan guru SD itu sementara diatasi oleh kepala sekolah dengan mengangkat guru honorer.

    Sumber: Kompas

    more
  • Media Pembelajaran: Video Pernafasan Manusia Ini dia video yang bisa digunakan untuk media pembelajaran IPA, khususnya pada materi sistem pernafasan manusia. Di SD sistem pernafasan manusia diajarkan pada kelas 5 semester 1. Dengan menggunakan media pembelajaran audio visual seperti video ini, selain anak bisa senang apa yang dipelajari bisa tertanam lebih lama. Video ini menggambarkan bagaimana cara manusia bernafas dalam bentuk film berbentuk kartun yang menarik.

    more
  • Soal UKG Tidak Urgen Tampaknya untuk melihat Indonesia yang gemilang di masa depan akan pendidikan, kita ini seperti yang kalap. Betapa tidak, berbagai jurus program sudah banyak digulirkan. Seperti menyembuhkan penyakit kronis,berbagai obat telah dicoba, obat yang lain terus dicari. Atau barangkali seperti membongkar akar satu alang-alang dengan sepuluh buldozer.

    Kesan ini tentu saja tidak berlebihan, kita semua maklum karena memang kita sedang mencari-cari jati diri bangsa. Tapi yang menjadi persoalannya sekarang adalah hanya masalah teknis yang sedikit sensasional yang memaksa-maksa dunia baru yang bernama alam maya.

    Kesan yang baru saja dilaksanakan (Uji UKG) walau baru beberapa jam yang lalu, seperti baru bangun dari mimpi. Seperti deg-deg plas, melayang. Seratus soal, tentu saja sebuah prestasi dikerjakan dengan enteng, terus menghilang tanpa berlembar-lembar seperti biasanya. Sebuah pengalaman baru jiwa terangkat
    dari bawah sadar tradisional.

    Nah persoalannya itu tadi enteng,karena soal yang dikerjakan pragmatis streotif. Maka sebaiknya UKG ini materi soal lebih merujuk pada tingkat validitas profesi, psikologi, dan teknik mengajar biar lebih mendekatkan pada tanggung jawabnya. Bahkan materi soal dimuatkan pula hal-hal yang urgen dan kekinian biar lebih menantang intelektualitas keguruan.

    Tapi biarlah, nasi sudah uduk-uduk, walau bagaimana kesannya ini adalah pengalaman baru, pengalaman baru bagi semua pihak, terutama bagi bagi rekan-rekan guru, karena walaupun bagaimana ini adalah suatu sebab masuk pada dunia baru, dunia praktis, dunia mimpi dunia internet, yang pada akhirnya anda semua termasuk saya sudah mau mencoba masuk kelas dengan menteng sebuah laptop dengan hasil cicilan.

    Tulisan Opini ini dikirim oleh Dindin S Yogapranata seorang guru SD

    more
  • Kumpulan Judul PTK IPS SD Kumpulan judul Penelitian tindakan kelas untuk Bahasa Indonesia sudah, Matematika, IPA juga sudah. Kurang rasanya kalau tidak dilengkapi sekalian dengan mata pelajaran wajib yang ada di Sekolah Dasar (SD) lainnya. Iya, kali ini SekolahDasar.Net mau berbagi judul PTK Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD.

    Pendidikan IPS penting diberikan kepada siswa pada jenjang pendidikan dasar, karena siswa sebagai anggota masyarakat perlu mengenal masyarakat dan lingkungannya. Untuk mengenal masyarakat siswa dapat belajar melalui media cetak, media elektronika, maupun secara langsung melalui pengalaman hidupnya di tengah-tengah masyarakat. Sehingga dengan belajar IPS siswa dapat memiliki sikap peka dan tanggap untuk bertindak secara rasional dan bertanggung-jawab dalam memecahkan masalah-masalah sosial yang dihadapi dalam kehidupan.

    5 Macam sumber materi IPS antara lain:
    a. Segala sesuatu atau apa saja yang ada dan terjadi di sekitar anak sejak dari keluarga, sekolah, desa, kecamatan sampai lingkungan yang luas negara dan dunia dengan berbagai permasalahannya.
    b. Kegiatan manusia misalnya: mata pencaharian, pendidikan, keagamaan, produksi, komunikasi, transportasi.
    c. Lingkungan geografi dan budaya meliputi segala aspek geografi dan antropologi yang terdapat sejak dari lingkungan anak yang terdekat sampai yang terjauh.
    d. Kehidupan masa lampau, perkembangan kehidupan manusia, sejarah yang dimulai dari sejarah lingkungan terdekat sampai yang terjauh, tentang tokoh-tokoh dan kejadian-kejadian yang besar.
    e. Anak sebagai sumber materi meliputi berbagai segi, dari makanan, pakaian, permainan, keluarga.

    Berikut adalah beberapa judul PTK IPS SD yang kemudian bisa menginspirasi dan mendorong guru untuk mengadakan penelitian yang sejenis di sekolahnya. Mungkin saja permasalahan yang dialami dalam mengajarkan IPS di SD sama sehingga bisa menjadi referensi untuk di uji coba untuk dilakukan di sekolah. Dan juga beberapa model pembelajaran yang digunakan bisa menjadi pengetahuan baru sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar IPS di SD.

    Kumpulan Contoh Judul PTK IPS SD

    Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Quantum Learning di Kelas IV SDN Mangunan 01 Kabupaten Blitar

    Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Koopereatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas IV SDN Kendalrejo 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar

    PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MASALAH SOSIAL MELALUI METODE INKUIRI SOSIAL PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN IV SUMBERAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

    Penerapan Teknik Learning By Doing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Purwantoro 2 Kota Malang

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SISWA KELAS V SDN KALIGAMBIR 04 KABUPATEN BLITAR

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING BAGI SISWA KELAS IV DI SDN KEDUNGWUNGU 02 KABUPATEN BLITAR

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DI KELAS IV SDN KRISIK 03 KABUPATEN BLITAR

    Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Wonorejo 02 Madiun

    Peningkatan Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas 5 SDN Sumbertanggul 2 Mojokerto.

    Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivias dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di SDI AL-YASINI Ngabar Kraton Pasuruan.

    Peningkatan Hasil Belajar malalui Metode Pembelajaran Mind Mapping dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Ngaglik 03 Kabupaten Blitar

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN KANDANGAN II KABUPATEN BLITAR

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION BAGI SISWA KELAS IV SDN SOSO 03 GANDUSARI KABUPATEN BLITAR

    PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING (Discovery) DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN TURI 02 KECAMATAN SUKOREJO KOTA BLITAR

    Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Pandanwangi 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang

    Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Inquiring Mind Whats to Know Dalam Pembelajaran IPS Pada Kelas V SDN Kepanjenlor 03 Kota Blitar

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IVA SDN 1 MOYOKETEN KABUPATEN TULUNGAGUNG

    Penerapan Pembelajaran Kooperatif Problem Posing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Jatimulyo 1 Malang pada Mata Pelajaran IPS

    Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS di SDN Karangbesuki 01 Kecamatan Sukun Kota Malang

    Penggunaan Hyperlink pada Mind Mapping untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar IPS Kelas V di SD Negeri Karangbesuki I Malang

    Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan CTL Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Wonorejo I Lumbang Pasuruan

    Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran MURDER di Kelas IV SDN Banyakan 1 Kabupaten Kediri

    Penggunaan Model Pembelajaran Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VC SDN Bareng 3 Kota Malang

    Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Ketawanggede 2 Kota Malang

    PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN BARENG 4 KECAMATAN KLOJEN KOTA MALANG

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (GNT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN BARENG 3 MALANG

    Penerapan Model Pembelajaran Controversial Issues untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IVB Di SDN Kasin Kota Malang

    Penerapan Model Pembelajaran ARIAS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IIIA SDN Purwantoro 2 Malang

    Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Di SDN Bareng 5 Malang

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SDN KIDUL DALEM 2 MALANG

    Penerapan Model PAKEM untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Kelas V SDN Tegalweru Kecamatan Dau Kabupaten Malang

    Pemanfaatan Surat Kabar Sebagai Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Pandanwangi 4 Malang

    PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN SUKOHARJO 2 KOTA MALANG

    Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SDN Klampis Ngasem IV / 560 Surabaya Pada Pokok Bahasan Benua

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN LESANPURO I KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SUKOHARJO 2 KOTA MALANG

    PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN MADYOPURO 5 KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRODENSI INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS SDN SUKOHARJO 2 KOTA MALANG

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADDIE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA MATA PELAJARAN IPS SDN MADYOPURO 1 KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

    PENERAPAN COGNITIVE STYLE MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN PURWODADI 1 MALANG

    Penerapan model pembelajaran Think PAir Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di SDN Klojen Kota Malang

    PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN MADYOPURO 2 KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

    PENERAPAN PENDEKATAN ILMU TEKNOLOGI MASYARAKAT (ITM) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA IPS KELAS IV SDN KLOJEN KOTA MALANG

    IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (DI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN LESANPURO III KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MODEL TALKING STICK PADA KELAS III MI MIFTAHUL HUDA GERONGAN KRATON PASURUAN

    Penerapan Model Pembelajaran Dick and Carey untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Bandulan 5 Kecamatan Sukun Kota Malang

    Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V MI Islamiyah Kebonsari Kota Malang

    *) Sumber judul PTK IPS: http://karya-ilmiah.um.ac.id/

    more
  • Rekruitmen CPNS 2012 Hanya Untuk 25 Pemda dan 23 Instansi Pusat
    Bagi Anda yang menantikan rekruitmen CPNS untuk tahun ini (2012) bisa jadi agak kecewa. Pasalnya untuk tahun 2012 lowongan CPNS hanya untuk 23 instansi pemerintah pusat dan 25 pemerintah daerah (Pemda). Hanya 48 instansi pemerintah yang memenuhi syarat melakukan penerimaan CPNS untuk jabatan yang dikecualikan dari moratorium.

    Padahal, anggaran dari APBN 2012 dialokasikan untuk penerimaan 61.560 CPNS, tetapi ternyata hanya terserap 14.560 orang. Jumlah itu terdiri dari 11.870 untuk instansi pusat, dan hanya 2.681 itu pemerintah daerah.

    Semula ada 119 instansi yang mengusulkan permohonan rekruitmen CPNS untuk tahun 2012 ini. Untuk pusat sebanyak 59 instansi, daerah sebanyak 47, sehingga jumlahnya mencapai 76 ribu lebih. Namun berdasarkan kebijakan moratorium, setiap instansi harus melengkapi usulan itu dengan analisis jabatan dan analisis beban kerja sesuai ketentuan yang berlaku. Bagi daerah yang sudah kelebihan pegawai, juga tidak boleh. Selain itu, untuk pemda, anggaran belanja pegawainya tidak boleh lebih dari 50 persen dari APBD.

    Pelaksanaan ujian seleksi penerimaan CPNS 2012 menurut rencana akan dilaksanakan serentak pada tanggal 8 September 2012 di sekitar 90 titik. Ujian tersebut untuk memperebutkan sebanyak 14.560 kursi CPNS yang dibutuhkan oleh 23 instansi pemerintah pusat dan 25 pemerintah daerah (Pemda). Selain itu untuk CPNS dari pendidikan kedinasan sebanyak 4.126. Berikut daftar nama 48 instansi yang melakukan rekuitment CPNS 2012.

    Daftar nama 23 instansi pusat yang ditetapkan melakukan rekruitmen CPNS 2012:
    1. Kemenko Polhukam
    2. Kementerian Dalam Negeri (IPDN)
    3. Kementerian Luar Negeri
    4. Kementerian Hukum dan Ham
    5. Kementerian Keuangan
    6. Kementerian Perdagangan
    7. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi
    8. Kementerian Kesehatan
    9. Kementerikan Pendidikan dan Kebudayaan (khusus dosen)
    10. Kementerian Sekretaris Negera
    11. Setjen BPK
    12. Sektetariat Mahkamah Agung
    13. Badan Pusat Statistik (BPS)
    14. Badan Intelejen Negara
    15. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)
    16. Badan Pengkajian dan Penerapan (BPPT)
    17. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
    18. Badan Pertanahan Negera (BPN)
    19. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)
    20. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
    21. BNP2TKI
    22. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)
    23. Badan Narkotika Nasional (BNN)


    Daftar nama 21 Pemda yang ditetapkan melakukan rekruitmen CPNS 2012
    1. Kabupaten Labuhan Batu Selatan www.labuhanbatuselatankab.go.id
    2. Kota Sungai Penuh http://www.sungaipenuhkota.go.id
    3. Kabupaten BanyuAsin http://www.banyuasinkab.go.id
    4. Kabupaten Musi Rawas http://www.musi-rawas.go.id
    5. Kabupaten Empat Lawang http://www.empatlawangkab.go.id
    6. Kota Lubuk Linggau http://www.lubuklinggau.go.id
    7. Kabupaten Lebong http://www.lebongkab.go.id
    8. Provinsi Bangka Belitung http://www.babelprov.go.id
    9. Kabupaten Bangka Barat http://www.bangkabaratkab.go.id
    10. Kabupaten Bangka Tengah http://www.bangkatengahkab.go.id
    11. Kabupaten Anambas http://www.anambaskab.go.id
    12. Kabupaten Bogor http://www.bogorkab.go.id
    13. Kota Bandung http://www.bandung.go.id
    14. Provinsi Kalimantan Tengah http://www.kalteng.go.id
    15. Provinsi Bali http://www.baliprov.go.id
    16. Kabupaten Badung http://www.badungkab.go.id
    17. Kota Balikpapan http://www.balikpapan.go.id
    18. Kabupaten Tojo Una Una http://www.tojounaunakab.go.id
    19. Kabupaten Manggarai Timur http://www.manggaraitimurkab.go.id
    20. Kabupaten Tulang Bawang http://www.tulangbawangkab.go.id
    21. Provinsi Jawa Timur http://www.jatimprov.go.id
    22. Kota Surabaya http://www.surabaya.go.id
    23. Kota Sibolga http://www.sibolgakota.go.id
    24. Kabupaten Labuhan Batu Utara http://labuhanbatuutarakab.go.id
    25. Kabupaten Kubu Raya http://www.kuburayakab.go.id


    Sumber: www.menpan.go.id

    more
  • Download Kisi-Kisi Soal UKG Guru Kelas TK/PAUD Uji Kompetensi Guru (UKG) secara online juga diikuti oleh guru-guru kelas Taman Kanak-kanak (TK) atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sesuai dengan jadwal UKG untuk guru TK/PAUD akan ujian secara nasional dilaksanakan pada tanggal 7 - 11 Agustus 2012. Sedangkan secara pasti jadwal dan lokasi ujian terkait individu guru bisa mendapatkan informasi dari Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.

    Sesuai ketentuan dalam Buku Pedoman UKG, materi tes UKG untuk guru kelas TK/PAUD adalah kompetensi pedagogik dan profesional. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Sedangkan kompetensi profesional terkait dengan perkembangan dan kemajuan terakhir tentang materi, dan penguasaan materi pelajaran yang disaji­kan.

    Berikut kutipan Kompetensi Dasar Guru TK/PAUD dan Indikator Esensialnya dari kisi-kisi soal UKG Guru TK/PAUD:

    KOMPETENSI GURU PAUD/TK (Kompetensi Dasar)
    1.1. Memahami karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosialemosional, moral, dan latar belakang sosial-bu
    1.2.Mengidentifikasi kesulitan peserta didik usia TK/PAUD dalam bidang Pengembangan. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip bermain sambil belajar yang mendidik yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.
    2.2. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil belajar yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.

    INDIKATOR ESENSIAL
    Mendeteksi ciri perkembangan fisik , intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial-budaya anak usia 4- 6 tahun.
    Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini.
    Memberi contoh kesulitan anak usia dini dalam bidang pengembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik, bahasa, dan sosial-emosional.
    Menjelaskan teori belajar yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD (Teori Piaget, Vigotsky, Erikson, Smilansky).

    Selengkapnya kisi-kisi soal UKG untuk Guru Kelas TK/PAUD dapat didownload di link tautan berikut ini:


    Nantinya dalam pelaksanaan ujian UKG secara online guru TK/PAUD akan mengerjakan maksimal 100 soal dengan waktu 120 menit. Komposisi instrumen materi tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional.

    more
  • Hasil Ujian UKG Online 2012
    Ujian kompetensi guru yang diselenggarakan Kemendikbud untuk melakukan pemetaan kompetensi guru agar kualitasnya meningkat di gelar serentak di Indonesia, mulai tanggal 30 Juli 2012 hingga 7 Agustus 2012. Jumlah peserta uji kompentensi guru (UKG) 2012 secara nasional diikuti sebanyak 1.006.211 guru. Sebanyak 985.409 guru mengikuti UKG secara online di 448 kabupaten/kota dan 20.802 guru ikut UKG manual atau secara tertulis di 49 kabupaten.

    UKG memiliki tujuan memetakan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. UKG online tahun 2012 yang diikuti oleh seluruh guru yang sudah mendapat sertifikat ini guru akan mengerjakan maksimal 100 soal dengan waktu 120 menit. Komposisi instrumen materi tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional.

    Hasil ujian UKG online 2012 secara langsung dapat diketahui oleh guru yang mengikuti ujian pada saat submit ujian atau akan dikirimkan melalui surat. Pada saat terakhir tahapan pelaksanaan ujian UKG online atau menyelesaikan ujian, software UGK online akan memberikan informasi standar kelulusan, nilai pedagogik dan nilai profesional yang diperoleh peserta ujian.

    Hasil ujian secara regional atau nasional UKG online dapat diketahui setelah tempat UKG mengupload hasil ujiannya kepada server pusat ujian online Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK PMP).

    Standar kelulusan uji kompetensi guru tahun 2012 ini yang sudah ditetapkan adalah adalah 70. Jika ada hasil UKG masih dibawah standar, misalnya nilainya 60, maka guru tersebut wajib mengikuti pembinaan untuk meningkatkan kompetensinya agar hasilnya di atas rata-rata. Kemendikbud akan menyusun program pembinaan bagi guru mulai tahun depan (2013). Semua anggaran pembinaan guru berasal dari pemerintah pusat sebagai pengembangan profesi berkelanjutan.

    more

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Informasi Terbaru

Trending Konten