Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

RPP Daring Satu Lembar Mapel PAI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

RPP Daring Satu Lembar Mapel PAI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
Rencana pelaksanaan pembelajaran mapel PAI dan BP.

Meskipun proses pembelajaran selama pandemi covid-19 dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh atau daring, khususnya guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tetap wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dengan guru membuat RPP, maka pembelajaran bisa mengarahkan siswa dalam mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Sesuai kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, komponen-komponen pokok dalam penyusunan RPP menjadi lebih sederhana. Jika pada kebijakan sebelumnya komponen pokok yang harus ada dalam penyusunan RPP berjumlah 13 komponen sekarang diringkas menjadi 3 komponen saja yaitu:

1. Tujuan Pembelajaran
2. Kegiatan Pembelajaran
3. Asesment atau Penilaian Pembelajaran

Kini, RPP untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) mapel PAI dan BP cukup satu lembar saja. Sehingga diharapkan para guru mapel PAI dapat dengan mudah mempersiapkan materi dan evaluasi pembelajaran serta bisa fokus dalam memberikan materi kepada siswa daripada menghabiskan waktunya untuk menyusun administrasi pembelajaran.

DOWNLOAD RPP DARING PAI BP SD K-13

Rencana kegiatan pembelajaran yang dibuat oleh guru PAI BP adalah kegiatan belajar mengajar secara online dalam satu kali pertemuan atau lebih. Perangkat pembelajaran berupa RPP ini di kembangkan berdasarkan Silabus Mapel PAI BP sesuai dengan Kurikulum 2013 (K-13) revisi tebaru. RPP pembelajaran daring satu lembar mapel PAI dapat didownload melalui link berikut ini:


RPP daring 1 lembar mapel PAI dan BP jenjang SD ini hanyalah sekedar gambaran atau referensi saja. Untuk selanjutnya, guru mapel PAI dan Budi Pekerti dapat mengembangkan sendiri dengan memperhatikan prinsip-prinsip efesiensi, efektif dan berorientasi pada siswa. 

Guru mapel Pendidikan Agama Islam di SD diharapkan mampu mengembangkan ide-ide pembelajaran kreatif sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan. Dalam setiap kegiatan, diharapkan guru menekankan pentingnya motivasi dan juga nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan oleh anak.

Proses pembelajaran mapel PAI dan BP secara daring dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan seorang peserta didik mampu belajar secara mudah dan mandiri yang diarahkan oleh orang tua nya. Semoga RPP PAI untuk kelas kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD di atas bermanfaat.

Berlangganan via Email