Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal dan Kunci Jawaban PTS Semester 1 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Soal dan Kunci Jawaban PTS Semester 1 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Penilaian Tengah Semester (PTS) atau ulangan tengah semester 1 jenjang Sekolah Dasar (SD) perlu dipersiapkan sejak awal. Sama seperti nilai Penilaian Akhir Semester (PAS), nilai PTS juga jadi salah satu komponen dari keseluruhan nilai akhir semester, yang pada akhirnya bisa mempengaruhi peringkat dan kenaikan kelas.

Tidak terasa sebentar lagi siswa-siswi SD akan menghadapi PTS. Anak bisa berlatih soal-soal ujian lama yang keluar tahun lalu dan soal-soal latihan di yang ada di internet. Latihan soal akan membiasakan anak terbiasa dengan format pertanyaan, sehingga mereka akan menjadi lancar menyelesaikan sebuah soal dengan jawaban yang tepat.

Latihan soal PTS semester 1 juga jadi penting sekali untuk persiapan PTS. Mengapa? karena soal UTS dibuat oleh guru masing-masing. Jadi, pasti setiap guru mempunyai kreativitasnya masing-masing dalam membuat soal PTS. Semakin sering mengerjakan latihan soal, anak akan mengenal banyak variasi soal. Anak jadi lebih siap menghadapi bentuk soal yang mungkin muncul saat ujian di sekolah. 

Sedangkan bagi guru PTS berfungsi untuk mengukur pencapaian siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran selama setengah semester. Selain wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, guru juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran. Salah satu bentuk penilaian tersebut adalah PTS. Hasilnya dapat digunakan guru untuk refleksi memperbaiki proses pembelajaran selanjutnya.

SekolahDasar.Net akan membagikan soal-soal latihan PTS semester ganjil kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Metode penilaian hasil belajar dilaksanakan dengan pendekatan tematik. Soal PTS Tematik semester ganjil kelas 1 sampai 6 tersebut terdiri dari beberapa Kompetensi Dasar (KD) muatan mata pelajaran: PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, serta SBdP. Soal-soal latihan PTS semester 1 dengan kunci jawabannya bisa dilihat melalui link berikut:
Kumpulan soal PTS semester 1 kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 tematik terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Soal-soal PTS dibuat sesuai kisi-kisi indikator KD muatan pelajaran yang muncul. Untuk bahan berlatih anak dan menambah bank soal kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 dapat mengunduh soal latihan PTS semester 1 di atas yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Untuk mendapat nilai PTS yang maksimal, tidak cukup dengan hafal materi saja. Harus diimbangi juga dengan latihan. Tambah porsi mengerjakan latihan soal-soal PTS untuk mempersiapkan anak sebelum ujian. Salah satu manfaatnya, membiasakan otak berpikir lebih keras dalam menyelesaikan soal. Mendapatkan banyak latihan-latihan soal PTS tidak sulit, Anda dapat mendownloadnya di website ini yang menyediakan banyak bank soal.