Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Metode dan Cara Jitu Membantu Siswa SD Berprestasi

6 Metode dan Cara Jitu Membantu Siswa SD Beprestasi

Refleksi pembelajaran adalah salah satu cara membantu siswa SD berprestasi yang dilakukan dalam proses belajar mengajar dengan cara memberikan penilaian secara lisan maupun tertulis dari siswa kepada guru. Refleksi yang dilakukan oleh siswa adalah murni dari pikiran siswa itu sendiri tanpa tekanan dari pihak manapun. 

Banyak sekali manfaat yang didapatkan guru dan peserta didik dengan kegiatan refleksi tersebut. Peserta didik akan menjadi pribadi bertanggung jawab yang siap untuk memperbaiki diri. Disinilah ukuran  keberhasilan cara belajar yang sebenarnya.

Sedangkan manfaat yang diperoleh guru yaitu dapat memudahkan menemukan metode pembelajaran yang sesuai. Guru juga akan mudah menggali dan memaksimalkan potensi peserta didiknya.

Metode dan Cara Membantu Siswa SD Berprestasi melalui Refleksi Pembelajaran 

Refleksi dalam belajar yang telah dilakukan oleh guru dan anak didik diharapkan dapat ditindaklanjuti. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Berikut adalah langkah-langkah yang tepat untuk melakukan metode refleksi pembelajaran.

Gunakan Metode Kelompok (Group Investigation)

Langkah awal ini menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dan terampil dalam proses kerja kelompok. Tidak semua peserta didik memiliki karakter yang sama. Ada siswa yang pemalu, canggung, sama sekali tidak paham, atau bahkan merasa tidak perlu bertanya. 

Lihat juga : 6 Metode Pembelajaran Sebagai Pelengkap Metode Ceramah

Pada langkah awal inilah guru diharapkan dapat berperan memberikan bimbingan dan arahan. Untuk membantu menyadari perasaan dan pikiran anak didik, pancinglah dengan memberikan pertanyaan beserta jawaban penjelasannya. Dengan demikian diharapkan anak-anak mulai memahami arah pembelajaran yang sebenarnya.

Mengajukan Pertanyaan yang Sederhana dan Mudah

Metode ini merupakan refleksi yang paling mudah dilakukan. Cara membantu siswa SD berprestasi dengan metode tersebut lebih mengarah pada seberapa besar kemampuan anak untuk menyerap pembelajaran yang disampaikan oleh pengajar.

Boleh dengan mengajukan pertanyaan yang sederhana dan tidak terlalu banyak. Misal saja pertanyaan tentang cara mengajar guru, pemahaman materi pembelajaran, atau suasana selama proses pembelajaran. 

Metode ini sekaligus berfungsi sebagai pengingat. Guru juga harus pandai membimbing siswa untuk mengeluarkan pikirannya.

Menggunakan Video Pembelajaran

Ada baiknya guru membuat dokumentasi untuk bisa melakukan pengamatan dan evaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hal tersebut juga berguna untuk merancang strategi belajar selanjutnya. 

Minta Siswa untuk Membuat Catatan Harian

Cara membantu siswa SD berprestasi selanjutnya yaitu dengan memerintahkan siswa untuk membuat catatan harian. Bukan hanya rangkuman materi pelajaran, ada baiknya para siswa diminta untuk membuat catatan harian yang dikumpulkan minimal seminggu sekali.

Selama seminggu kegiatan KBM berlangsung, sudah pasti siswa mengalami hal yang berbeda-beda. Mintalah siswa untuk mencatat dan mengekspresikan hal-hal yang dialami selama kegiatan pembelajaran.

Bagaimana perasaan mereka saat pembelajaran berlangsung, apa yang disuka dan tidak disuka pada materi pelajaran yang disampaikan. Metode ini akan memberikan keuntungan pada siswa yang tidak mempunyai keberanian mengungkapkan pendapatnya secara lisan.

Menggunakan Jurnal Pembelajaran

Membuat jurnal pembelajaran berguna sebagai evaluasi para guru di akhir semester untuk analisa proses belajar. Jurnal juga berguna untuk menentukan rencana tindak lanjut berbagai permasalahan yang dihadapi .

Tanggapan dari Guru Lain

Respon dan tanggapan dari sesama pengajar dapat dijadikan acuan bagaimana cara mengajar yang baik dan mudah dipahami oleh anak didik. Di sini guru diharapkan memiliki sifat legowo menerima kritik dan saran yang disampaikan sesama pengajar serta mau memperbaiki diri apabila cara mengajar perlu pembenahan.

Metode dan cara membantu siswa SD berprestasi di atas sebaiknya dilakukan secara terus menerus. Hal ini bertujuan agar kesadaran anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab semakin meningkat. Tanggung jawab akan memudahkan mereka untuk berbenah diri yang akan mengantarkan mereka pada gerbang prestasi dan kesuksesan. Refleksi pembelajaran sudah mulai diterapkan pada kurikulum 2013. Beberapa contoh refleksi pembelajaran sudah disertakan dalam dalam buku-buku penunjang kurikulum 2013.